Jumat, 11 Mei 2018

Buah Bisbul khas Bogor untuk Kesehatan

Buah Bisbul memiliki nama ilmiah Diospyros blancoi A.DC, atau Buah Mendega, atau disebut juga buah ini dikenal dengan buah Samolo. Menurut Catatan, tanaman Bisbul ini sudah tumbuh lebih dari seratus tahun di daerah Bogor selatan, Kota Bogor.
Buah Bisbul masih satu famili dengan buah Kesemek, namun yang membedakannya, Bisbul biasanya tumbuh di daerah rendah, dan berhawa panas. Sedangkan Kesemek tumbuh di daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk. Juga buah Kesemek dikenal dengan buah berbedak,sementara Bisbul memiliki bulu-bulu halus pada kulit buahnya.

Pada saat muda, warna kulit buah ini berwarna hijau muda berbulu. Ketika menjelang masak warna kulitnya berubah menjadi hijau kecoklatan, atau coklat kemerahan, dan pada saat masak, warnanya berubah menjadi merah terang dan agak kusam.

Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum. Berbau menyengat mirip keju, dan durian. Bagi sebagian orang bisa menimbulkan rasa mual. Bijinya dapat mencapai 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk baji agak mirip keping buah jeruk.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar