Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal

Dengan dikelola secara profesional yang berkearifan lokal, maka Bogor akan Sehat (Sejahtera Aman Tentram) yang berkelanjutan

Minggu, 27 Mei 2018

Gunana Seureuh Beureum kanggo Kasehatan

Cibinong, (BogorSehat) - Daun sirih merah sama halnya dengan hijau juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Manfaat tanaman ini dari Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” memiliki  senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.
Kegunaan daun Sirih Merah benar-benar dimanfaatkan oleh Masyarakat Sleman secara turun temurun. Selain sebagai Obat Kencing Manis, masyarakat disana menggunakan sirih merah sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti Kanker, Asam Urat, Hepatitis, Kelelahan dan Maag, Peradangan,  Hipertensi (darah tinggi), dan ambien.

Dua peneliti dari IPB yaitu mbak Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah pada binatang tikus.
Sebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. Yang mana daun sirih merah sangat aman untuk dikonsumsi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar