Siapa sangka manfaat daun salam yang begitu banyak untuk kesehatan

Bogor (BogorSehat) - Saat memasak daging merah, dan daging unggas, biasanya para ibu-ibu menambahkan daun salam. Seperti itu merupakan bumbu yang harus disertakan, tetapi sesungguhnya, padahal Jika Anda merebus daun salam dalam segelas air, dan mencicipinya, maka tidak akan ada rasanya.

Lantas kenapa kita harus memasukkan daun salam ke dalam masakan daging, atau makanan lain?
Jawaban sebenarnya adalah karena, dengan kita menambahkan daun salam ke masakan daging, akan mengubah trigliserida menjadi lemak tak jenuh tunggal.

Jika Anda punya waktu, silahkan mencobanya:
Mencoba dengan 2 potong ayam, yang satu dimasak dengan daun salam, sementara yang satu lagi tanpa daun salam. Lalu perhatikan jumlah lemak di kedua wajan tersebut.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat daun salam, antara lain :
Manfaat daun salam adalah: 
  1. Daun salam mengobati gangguan pencernaan dan    membantu menghilangkan benjolan.
  2. Mulas,
  3. Keasaman.
  4. Sembelit.
  5. Mengatur pergerakan usus dengan minum teh daun salam panas.
  6. Daun salam menurunkan gula darah.
  7. Daun salam juga merupakan antioksidan.
  8. Memungkinkan tubuh memproduksi insulin dengan memakannya, atau minum teh daun salam selama  sebulan.
  9. Menghilangkan kolesterol jahat, dan mengurangi trigliserida dalam tubuh.
  10. Sangat berguna untuk mengobati pilek, flu, dan batuk parah karena merupakan sumber vitamin C yang kaya.  Anda dapat merebus daun salam, dan menghirup uapnya untuk menghilangkan dahak dan mengurangi batuk.
  11. Daun salam melindungi jantung dari kejang dan stroke, karena mengandung senyawa pelindung kardiovaskular.
  12. Kaya dengan asam, seperti; asam caffeic, quercetin, eigonol dan bartolinide, zat yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.
  13. Menghilangkan insomnia dan kecemasan, jika diminum sebelum tidur, membantu Anda rileks dan tidur nyenyak.
  14. Minum secangkir daun salam rebus dua kali sehari, dapat memecah batu ginjal dan menyembuhkan infeksi ...

Beberapa Catatan :
  • Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh, karena daun salam tidak dapat dicerna tubuh, walaupun setelah dikunyah, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan, atau saluran pencernaan.
  • Sebelum dikonsumsi, pastikan daun salam sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Hal ini dikarenakan, daun salam mentah atau kurang matang, bisa jadi terdapat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Daun Salam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh:
  1. Penderita Diabetes. Hal ini dikarenakan akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan yang sulit dikontrol akibat mengkonsumsi Daun Salam. Penderita Diabetes dapat terkena Hipoglikemia.
  2. Ibu hamil dan Menyusui. Hal ini dikarenakan hingga saat ini, belum ada informasi yang akurat mengenai takaran aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.
  3. Pasien yang akan Menjalani Operasi Pembedahan. Hal ini ditenggarai karena daun salam berisiko mengganggu efek obat-obatan anestesi saat pembedahan dan setelahnya.

Secara umum, mengkonsumsi daun salam adalah aman, akan tetapi jika Anda ingin mengonsumsinya sebagai obat herbal, lebih baik konsultasikan dengan dokter. 

Seperti Susu, dan Kelapa Muda, Daun Salam mungkin dapat menimbulkan efek samping atau memengaruhi obat-obatan yang Anda konsumsi.
Selanjutnya
Artikel sering Dibaca.
Sebelumnya
Posting Lama