Sabtu, 13 Mei 2017

Gunanya Buah Semangka untuk Kesehatan

Dengan isi yang berwarna merah cantik ini, paling cocok dimakan sebagai penghilang dahaga di cuaca yang terik. Rasanya yang manis dan kaya air. Selain itu, Semangka juga dikenal sebagai Peningkat Keperkasaan alami, dan punya sejumlah khasiat lain.
Gemar makan buah berwarna merah dengan rasa manis yang segar ini? Jika iya, kabar baik buat Anda. Karena berdasarkan penelitian buah ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, buah ini juga punya manfaat hebat lainnya.

Citrullus lanatus atau yang biasa dikenal dengan buah semangka ini merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian Selatan. Tanaman yang masih kerabat labu – labuan ini biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar dan dibuat jus.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Daging buah yang berwarna merah memiliki tingkat lycopene atau sumber antioksidan lebih yang baik untuk tubuh.

Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 92% air, ia juga kaya akan vitamin A, B6 dan C. Semangka merupakan sumber yang baik akan senyawa thiamin, kalium, magnesium dan sejumlah besar citrulline – asam amino yang baik untuk tubuh.

Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, buah jenis ini memberikan beragam manfaat untuk beragam masalah kesehatan, seperti di bawah ini:

Pembangkit energi
Semangka kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menambah energi tubuh. Makan semangka sebelum melakukan latihan fisik bisa jadi solusi tepat untuk menambah energi dan menghilangkan dehidrasi.

Kaya Antioksidan
Semangka kaya akan antioksidan alami yang merupakan sumber baik vitamin A dan C. Buah semangka berwarna merah memiliki kandungan antioksidan karotenoid dan likopen lebih banyak dibanding warna lain. Senyawa ini bisa mengurangi resiko asma, penyakit jantung, osteoporosis, rematik, dan berbagai macam kanker dengan menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa merusak sel dan selaput sel.

Anti kanker
Semangka kaya akan kandungan likopen yang baik untuk mencegah segala macam kanker seperti, kanker prostat, kanker Dada Kewanitaan, kanker paru – paru, kanker endometrium dan kanker usus besar.

Meningkatkan kesehatan mata
Makan semangka setiap hari secara teratur dapat mencegah rabun senja. Semangka kaya akan vitamin A dan betakarotein yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Juga mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.

Menurunkan tekanan darah
Semangka merupakan sumber potasium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah dan elektrolit yang bisa menjaga keseimbangan asam-basa pada tubuh.

Meningkatkan fungsi otak
Semangka kaya akan Vitamin B6 yang bisa diserap oleh otak dan membantu otak mengatur pola tidur, menghilangkan stress dan bisa memberikan perasaan tenang dan senang.

Meningkatkan kesehatan jantung
Semangka mengandung citrulline atau asam amino yang dapat diubah menjadi arginine melalui enzim tertentu yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Peningkat Keperkasaan Alami
Para penelitian menunjukkan bahwa semangka memiliki kandungan arginine yang memberikan efek sebagai Peningkat Keperkasaan alami yang bisa meningkatkan Keinginan Bercinta dan fungsi Hubungan Suami Istri, mencegah disfungsi Keperkasaan Milik Pria serta Kelemahan Milik Pria.

Meningkatkan kesehatan otot
Makan makanan yang kaya akan kalium bisa mengatasi ketegangan pada otot dan kram, sehingga mencegah otot dari rasa sakit.

Sumber : Detikfood
Share:

0 komentar:

Posting Komentar